Jumat, 25 Juli 2008

Bisnis Restoran : Pemilihan Lokasi Sangatlah Penting

Pemilihan lokasi adalah hal penting dalam memulai bisnis restoran. Ini sangat disarankan para pemilik restoran yang berhasil. Kita tidak boleh meremehkan kekuatan dari pentingnya "Mudah Terlihat" dan "Mudah Parkir" dari lokasi restoran yang akan kita buka. Jika restoran kita tidak mudah terlihat, orang tidak akan tergoda untuk mencoba sajian kita meskipun sajian kita adalah yang paling enak di kota ini. Mengenai parkir, kalau lokasi restoran kita cukup sulit bagi pelanggan untuk parkir, apakah menu restoran kita sedemikian dahsyatnya sehingga pelanggan mau bersusah payah mencari lahan parkir, kemudian susah payah berjalan kaki ke restoran kita.

Selain hal di atas, kita juga harus memastikan bahwa calon tempat restoran kita memiliki space yang cukup untuk seluruh kebutuhan sebuah restoran selain ruang makan utama, seperti gudang penyimpanan, dapur, ruang penyiapan, toilet dan area lainnya.

Hal penting dalam memilih lokasi restoran adalah apakah cukup banyak orang disekitarnya untuk membuat restoran kita dipenuhi pembeli. Apakah restoran kita di area perkantoran yang hanya ramai pada jam makan siang dan sepi pada waktu malam? Atau apakah lokasinya di pintu keluar jalan tol yang agak sepi? Atau restoran kita di pinggir jalan raya antar kota yang dilalui bis-bis besar atau truk trailer?

Pilihan lokasi restoran juga dipengaruhi oleh tipe calon pelanggan, misalnya apakah orang-orang di sekitar lokasi itu tipe yang tidak suka makan di luar rumah, hanya orang punya keberanian lebih yang membuka restoran di sana. Atau apakah mereka tipe yang suka makan di luar tapi dengan kisaran harga minimum, membuka restoran dengan makanan mahal di sana memiliki resiko tinggi. Itulah sebabnya lokasi ikut menentukan menu restoran kita.

Yang jelas banyak restoran sukses yang jika kita perhatikan memiliki beberapa kriteria ini:
lokasi mereka mudah dicapai, tempat parkirnya mudah (jika tidak memiliki
tempat parkir sendiri, setidaknya tempat parkir umum yang dekat), membidik tipe pelanggan di lokasi yang sesuai dengan konsep restorannya, dan restoran itu mudah terlihat. Salah satu yang sering kita dengar adalah warung pojok, selain diartikan sebagai warung untuk "mojok", juga dimaksud bahwa itu adalah warung yang posisinya di pojok jalan. Kita akui posisi pojok atau sudut jalan adalah lokasi restoran yang mudah dilihat dan diingat orang.

- ISMET ABDULLAH


Tidak ada komentar: